LAPORAN HASIL SURVEI
Tentang
KOPETENSI GURU SKI DI MAN 1 BATUSANGKAR
OLEH : ZAINAL MASRI
DOSEN PEMBIMBING :
Asmendri, S.Ag M.A
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAHSEKOLAH TINGGI ISLAM NEGRI ( STAIN )
BATUSANGKAR
2010
HASIL SURVEI TENTANG KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 BATUSANGKAR (SUNGAYANG)
- PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Dengan
melihat kenyataan yang terjadi dilapangan, kurangnya minat siswa,
terhadap pelajaran sejarah ini, kususnya adalah mata pelajaran sejarah
kebudayaan islam.padahal Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa
kita manusia ini hidup dalam tiga dimensi waktu, yaitu masa lalu, masa
sekarang dan ada masa yang akan datang, masa lalu merupakan sejarah
(kenangan), masa sekarang adalah kenyataan, dan masa yang akan datang
merupakan impian atau cita-cita, maka orang yang baik itu sesungguhnya
adalah orang yang pandai mengambil pelajaran dari sejarah masa lalu
untuk dapat menentukan sikapnya pada hari ini dan sekaligus merencanakan
hari yang akan datiag, sehingga hari ini harus lebih baik dari hari
yang kemaren dan besok harus lebih baik daripada hari ini.
Maka
Seorang guru harus membekali dirinya dengan empat aspek kopetensi yaitu
kopetensi profesional, kopetensi keperibadian dan kopetensi
sosial.sebagaimana yang dijelaskan dalam buku susi herawati(2009)dengan
judul etika dan profesi keguruanpermediknas No 16 tahun 2007 tentang
standar kualifikasi dan standar kopetensi guru terdiri dari empat
kopetensi yaitu kopetensi paedagogik, keperibadian, sosial, dan standar
kopetensi profesionalyang terintegrasi dalam kinerja guru.
Maka
dalam konteksnya semacam itulah saya melakukan survei di MAN 1
Batusangkar, tentang bagaimana kopetensi guru sejarah pendidikan
islam(SKI)sekolah tersebut.
- Tujuan
Adapun tujuan penulis dengan melakukan survei ini adalah:
1. Untuk mengetahui bagaimana kopetensi guru SKI di MAN 1 Batusangkar.
2. Sebagai pengganti ujian semester yang ditugaskan oleh dosen pembimbing mata kuliah profesi keguruan yaitu Bapak Asmendri M.Pd
- Manfaat
Adapun mamfaat dari penulis melakukan penelitian adalah:
1. Untuk memberikan gambaran tentang kompetensi guru SKI di MAN 1 Batusangkar
2. Untuk menambah pengalaman penulis di bidang penelitian.
- PEMBAHASAN
1) Kompetensi Guru yang Profesional
Kopetensi pendidik yang profesional menurut UU No 14 Tahun 2005 dikemukakan ada 4 cakupan yang meliputi:
- Kompetensi Paidagogik
Kompetensi
Paidagogik berupa dalam mengelola interaksi pembelajaran yang meliputi
pemahaman dan pengembangan potensi peserta didik perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran serta sistem evaluasi
- Kompetensi Profesional
Kompetensi
Profesional berupa kemampuan seorang guru dalam penguasaan materi
pelajaran secara luas dan mendalam yang penguasaan materi keilmuan,
penguasaan kurikulum dan silabus sekolah, metode kusus pembelajaran,
bidang studi serta pengembangan wawasan etika dan pengembangan profesi
- kompetensi kepribadian
kompetensi
kepribadian berupa kepribadian yang mantap, beraklak mulia, arif dan
beribawa dan memiliki keteladanan sehingga bisa dijadikan contoh oleh
peserta didiknya.
- kompetensi sosial
berupa
kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru untuk berkomunikasi dan
berinteraksi dengan baik dengan peserta didik, sesama guru, orang tua
wali murid dan masyarakat sekitar.
Instrumen Survei :
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
| |||||
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
| |||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
| |
1
|
Sebagai seorang guru, saya mempelajari berbagai disiplin ilmu untuk memperkaya pengetahuan saya.
|
ü
| |||||
2
|
Saya beusaha mencari dan mempelajari berbagai sumber untuk memperkaya pengetahuan yang saya miliki.
|
ü
| |||||
3
|
Sebelum mengajar, saya mempelajari terlebih dahulu materi yang saya ajarkan.
|
ü
| |||||
4
|
Saya mengajar kepada siswa, sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.
|
ü
| |||||
5
|
Materi pelajaran yang tidak saya kuasai, tidak saya ajarkan kepada siswa.
|
ü
| |||||
6
|
Jika
ada materi pelajaran yang tidak saya kuasai, saya usahakan untuk
memperdalam materi itu, kemudian saya ajarkan kepada siswa
|
ü
| |||||
7
|
Sebelum saya mengajar, saya mengadakan analisis karakteristik siswa.
|
ü
| |||||
8
|
Untuk menyusun rencana pembelajaran, dasar pertimbangannya saya gunakan analisis karakteristik siswa
|
ü
| |||||
9
|
Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar, rancangan pembelajarannya saya susun dengan rancangan motivasional.
|
ü
| |||||
10
|
Pembelajaran yang saya berikan kepada siswa, saya sesuaikan dengan tujuan pendidikan nasional.
|
ü
| |||||
11
|
Saya mengajar menggunakan media pembelajaran.
|
ü
| |||||
12
|
Media pembelajaran yang saya gunakan, saya sesuaikan dengan karakteristik siswa.
|
ü
| |||||
13
|
Dalam mengajar, saya menerapkan berbagai metode pembelajaran.
|
ü
| |||||
14
|
Dalam metode pembelajaran, saya menerapkan berbagai metode pembelajaran
|
ü
| |||||
15
|
Saya berusaha menyajikan pembelajaran, dengan tekhnik yang mudah dipelajari siswa.
|
ü
| |||||
16
|
Saya mengajar menggunakan media pembelajaran.
|
ü
| |||||
17
|
Dalam mengajar, saya memberikan penilaian formatif.
|
ü
| |||||
18
|
Dalam penilaian sumatif, saya menggunakan tes tertulis yang memuat keseluruhan materi yang telah saya ajarkan.
|
ü
| |||||
19
|
Semua kegiatan mengajar, saya adakan perencanaan secara matang.
|
ü
| |||||
20
|
Jika metode pembelajaran menggunakan metode diskusi, saya memimpin diskusi tersebut.
|
ü
| |||||
21
|
Saya mengatur pemberian tugas yang dikerjakan siswa dalam pembelajaran.
|
ü
| |||||
22
|
Untuk kelancaran kegiatan di kelas, saya mengatur pembagian tugas kepada siswa yang bertanggung jawab dalam kebersihan, dll.
|
ü
| |||||
23
|
Dengan bekal kemampuan yang saya miliki, saya membantu apa yang dibutuhkan masyarakat.
|
ü
| |||||
24
|
Saya memberikan masukan tentang pemecahan masalah kemasyarakatan yang ada disekitar saya.
|
ü
| |||||
25
|
Saya banyak memberikan pemikiran dalam pengelolaan kegiatan organisasi kemasyarakatan yang ada dilingkungan saya.
|
ü
| |||||
26
|
Saya mengerjakan dengan baik pekerjaan yang dibebankan kepada saya untuk kepentingan orang banyak.
|
ü
| |||||
27
|
Saya membantu memberikan jalan keluar bagi teman yang mengalami masalah.
|
ü
| |||||
28
|
Bagi
orang yang memperoleh prestasi yang baik dalam bidang tertentu, saya
mendorong agar berusaha lebih giat lagi sehingga prestasi tersebut
dapat dipertahankan atau ditingkatkan.
|
ü
| |||||
29
|
Saya melaksanakan pekerjaan yang dapat ditiru oleh orang lain.
|
ü
| |||||
30
|
Saya membina hubungan baik antara sesama guru, kepala sekolah, maupun dengan siswa di sekolah.
|
ü
| |||||
31
|
Dalam setiap memecahkan masalah, saya lakukan dengan tidak emosional.
|
ü
| |||||
32
|
Dalam mengambil keputusan, saya mengedepankan kepentingan umum.
|
ü
| |||||
33
|
Dalam setiap pekerjaan, saya selesaikan dengan baik.
|
ü
| |||||
34
|
Saya membimbing siswa dengan sungguh-sungguh.
|
ü
| |||||
35
|
Saya dapat mengikuti tata tertib yang diterapkan di Sekolah.
|
ü
| |||||
36
|
Saya senang membangun hubungan baik dengan sesame rekan kerja.
|
ü
| |||||
37
|
Saya membantu rekan kerja dalam menyelesaikan masalah.
|
ü
| |||||
38
|
Saya dipilh dalam tim untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tugas profesi.
|
ü
| |||||
39
|
Saya tenang dalam menghadapi konflik sesama rekan kerja.
|
ü
| |||||
40
|
Saya membantu kepala sekolah dalam pembinaan dan pengembangan keterampilan para guru.
|
ü
|
Keterangan:
SS: Sangat sering
S:sering
J :jarang
KK :kadang-kadang
TP :tidak pernah
Pengolahan Angket
Dari angket diatas maka dapat di peroleh skor maksimal masing-masing kompetensi yakni :
No
|
indikator
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
Jumlah
|
1
|
Kompetensi profesional
|
11x 5 =55
|
1x4=4
|
0
|
0
|
1x1=1
|
60
|
2
|
Kompetensi kepribadian
|
15x5=75
|
0
|
0
|
0
|
0
|
75
|
3
|
Kompetensi sosial
|
12x5=60
|
0
|
0
|
0
|
0
|
60
|
a. kompetensi profesional
Skor ideal kompetensi profesional dari hasil pejumlahan instrumen dari no 1 sampai dengan no 13 yakni 13X5=65
Maka
untuk mencari atau mengukur kopetensi profesional guru SKI di MAN 1
Batusangkar tersebut bisa dengan menggunakan patokan nilai yaitu:
>80 = Sangat Profesional
51-75 = Profesional
25-50 = Cukup Profesional
0-25 = Tidak Profesional
Berdasarkan
patokan nilai tersebut maka penulis berkesimpulan bahwa guru SKI di MAN
1 Batusangkar,bisa dikatakan sangat profesional sebab nilai yang
diperolehnya adalah: 92,31, Cara mencarinya adalah: 60/65x100=92,31,
sedangkan nilai 92,31 itu berada antara nilai 76-100.
b. kompetensi kepribadian
Skor ideal kompetensi profesional dari hasil pejumlahan instrumen dari no 14 sampai dengan no 28 yakni 15X5=75
Maka
untuk mencari atau mengukur kopetensi keperibadian guru SKI di MAN 1
Batusangkar tersebut bisa dengan menggunakan patokan nilai yaitu:
>80 = Sangat baik
51-75 = baik
25-50 = Cukup baik
0-25 = Tidak baik
Berdasarkan
patokan nilai tersebut maka penulis berkesimpulan bahwa guru SKI di MAN
1 Batusangkar,bisa dikatakan sangat baik sebab nilai yang diperolehnya
adalah: 100, Cara mencarinya adalah :75/75x100=100.
c. Kompetensi sosial
Skor ideal kompetensi profesional dari hasil pejumlahan instrumen dari no 29sampai dengan no 40 yakni 121X5=30
Maka
untuk mencari atau mengukur kopetensi sosial guru SKI di MAN 1
Batusangkar tersebut bisa dengan menggunakan patokan nilai yaitu:
>80 = Sangat bagus
51-75 = bagus
25-50 = Cukup bagus
0-25 = Tidak bagus
Sedangkan kalau dilihat jumlah skor penjumlahan hasil survei guru SKI tersebut sanagat bagus adalah : 100, Cara mencarinya adalah 60/60x100=100
2) Solusi
Dengan
melihat hasil survei dan pengolahan angket yang telah penulis lakukan,
bahwa guru SKI MAN 1 Batusangkar,telah mencapai sasaran sesuai dengan
yang kita harapkan, jadi dengan demikian, maka guru tersebut hendakalah
dia mempertahankan kopetensi yang dimilikinya tersebut, dan berusaha lebih meningkatkanya lagi.
- PENUTUP
A. Kesimpulan
Guru yang profesional itu adalah:
a. guru yang mau berusaha membekali dirinya dengan ilmu, yang tidak hanya ilmu-ilmu kusus tapi juga berusaha memperkaya dirinya dengan ilmu-ilmu lain diluar bidangnya.
b. Guru yang baik dan profesional itu adalah, bahwa dia sebelum mrengajar, membaca terlebih dahulu.
c. yang
baik dan profesional itu adalah guru yang berahklak mulia, sebab untuk
sukses di masyarakat, untuk sukses di tempat tugas modal utamanya adalah
ahklak dan budi pekerti yang luhur dan terpuji.
d. Dari
hasil surve yang telah penulis lakukan, penulis berkesimpulan bahwa
guru SKI di MAN 1 Batusangkar sungayang termasuk dalam kategori guru
yang berkopeten,baik dari segi keprofesionalannya,keperibadiannya,
maupun sosialnya, dengan melihat nilai yang diperolehnya yaitu kopetensi
profesional (92,31%), kompetensi kepribadian (100%), dan kompetensi sosialj juga sangat baik(100%)
B. Saran
Dengan
melihat nilai yang di peroleh dari angket tersebut bahwa guru SKI MAN 1
Batusangkar tersebut memang sudah sangat baik dan bisa dikatakan sangat
profesional.namun alangkah lebih baiknya guru tersebut, di samping dia
mendalami ilmu-ilmu yang lain, dia lebih memfokuskan pada profesi yang
dia jalani sebagai guru SKI.agar lebih banyak membaca buku-buku yang berkaitan dengan SKI, karena kunci sejarah itu adalah pemahaman dan harus banyak membaca.
DAFTAR BACAAN
Ulianta, 15 mei 2011, diakses dari http://stahdnj.ac.id.?p=33
Nurdin, Syafruddin.Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: PT. Ciputat pers. 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar