KATA
PENGANTAR
Puji syukur pemakalah
ucapkan pada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada
pemakalah dan kita umat manusiadan seluruh ciptaanNya sehingga makalah ini
dapat selesai dan dapat dipersentasekan kehadapan kita semua.
Serta shalawat dan salam
tidak lupa kita ucapkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan
pencerahan kepada seluruh umat manusia dari alam tidak tahu sampai kealam yang
serba tahu seperti yang sama-sama kita rasakan pada saat sekarang ini.
Dalam
penulisan makalah ini pemakalah mohon maaf seandainya terdapat kesalahan
didalamnya, kesalahan tersebut bukanlah pemakalah sengaja tetapi tim pemakalah
jauh dari kesempurnaan oleh kerena itu pemakalah mengharapkan kritik dan
saranya yang bisa membangun untuk kedepannya
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar belakang
Adapun yang melatar
belakangi penulis untuk membuat makalah ini yaitu tidak lain dan tidak bukan
untuk melengkapi syarat perkuliahan Profesi Kependidikan dan juga untuk
menambah wawasan bagi para pembaca semuanya. Mudah-mudahan makalah yang singkat
ini banyak manfaatnya baik bagi penulis maupun pembaca sekalian
- Rumusan Masalah
Adapun yang dibahas dalam makalah inin yaitu
- pengertian profese kependidikan
- pengertian kode etik
- tujuan kode etik
BAB II
PEMBAHASAN
a.
Pengertian
Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya
memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah,
serta dedikasi yang tinggi. Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang
khusus diperuntukkan untuk itu dengan kurikulum yang dapat
dipertanggungjawabkan.
Ciri-ciri profesi yaitu:
1. standar unjuk kerja;
2. lembaga pendidikan
khusus untuk menghasilkan pelaku profesi tersebut dengan standar kualitas
akademik yang bertanggung jawab;
3. organisasi profesi;
4. etika dan kode etik
profesi;
5. sistem imbalan;
6. pengakuan masyarakat.
b.
Profesi Keguruan
Pada dasarnya profesi guru adalah profesi yang sedang tumbuh. Walaupun
ada yang berpendapat bahwa guru adalah jabatan semiprofesional, namun
sebenarnya lebih dari itu. Hal ini dimungkinkan karena jabatan guru hanya dapat
diperoleh pada lembaga pendidikan yang lulusannya menyiapkan tenaga guru,
adanya organisasi profesi, kode etik dan ada aturan tentang jabatan fungsional
guru (SK Menpan No. 26/1989).
Usaha profesionalisasi merupakan hal yang tidak perlu ditawar-tawar lagi
karena uniknya profesi guru. Profesi guru harus memiliki berbagai kompetensi
seperti kompetensi profesional, personal dan sosial.
c.
Ciri-ciri Profesi
Keguruan
Ciri-ciri jabatan guru adalah sebagai berikut.
1. Jabatan yang melibatkan
kegiatan intelektual.
2. Jabatan yang menggeluti
suatu batang tubuh ilmu yang khusus.
3. Jabatan yang memerlukan
persiapan profesional yang lama (dibandingkan dengan pekerjaan yang memerlukan
latihan umum belaka).
4. Jabatan yang memerlukan
latihan dalam jabatan yang berkesinambungan.
5. Jabatan yang menjanjikan
karier hidup dan keanggotaan yang permanen.
6. Jabatan yang menentukan
baku (standarnya) sendiri.
7. Jabatan yang lebih
mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi.
8. Jabatan yang mempunyai
organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.
d.
Latar Belakang Profesi
Keguruan
Jabatan guru dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan tenaga guru.
Kebutuhan ini meningkat dengan adanya lembaga pendidikan yang menghasilkan
calon guru untuk menghasilkan guru yang profesional. Pada masa sekarang ini
LPTK menjadi satu-satunya lembaga yang menghasilkan guru. Walaupun jabatan
profesi guru belum dikatakan penuh, namun kondisi ini semakin membaik dengan
peningkatan penghasilan guru, pengakuan profesi guru, organisasi profesi yang
semakin baik, dan lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga guru sehingga ada
sertifikasi guru melalui Akta Mengajar. Organisasi profesi berfungsi untuk
menyatukan gerak langkah anggota profesi dan untuk meningkatkan profesionalitas
para anggotanya. Setelah PGRI yang menjadi satu-satunya organisasi profesi guru
di Indonesia, kemudian berkembang pula organisasi guru sejenis (MGMP).
e.
Ruang Lingkup Profesi
Keguruan
Ruang lingkup layanan guru dalam melaksanakan profesinya, yaitu terdiri
atas (1) layanan administrasi pendidikan; (2) layanan instruksional; dan (3)
layanan bantuan, yang ketiganya berupaya untuk meningkatkan perkembangan siswa
secara optimal.
Ruang lingkup profesi guru dapat pula dibagi ke dalam dua gugus yaitu
gugus pengetahuan dan penguasaan teknik dasar profesional dan gugus kemampuan
profesional.
f.
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian merupakan sejumlah
kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan pribadi dengan segala
karakteristik yang mendukung terhadap pelaksanaan tugas guru.
Beberapa kompetensi kepribadian guru antara lain sebagai berikut.
Beberapa kompetensi kepribadian guru antara lain sebagai berikut.
g.
Kompetensi Sosial Guru
Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru
untuk menyesuaikan diri kepada tuntutan kerja dan lingkungan sekitar pada waktu
membawakan tugasnya sebagai guru. Peran yang dibawa guru dalam masyarakat
berbeda dengan profesi lain. Oleh karena itu, perhatian yang diberikan
masyarakat terhadap guru pun berbeda dan ada kekhususan terutama adanya
tuntutan untuk menjadi pelopor pembangunan di daerah tempat guru tinggal.
h.
Komponen-komponen
Kompetensi Profesional
Kompetensi Profesional guru adalah sejumlah
kompetensi yang berhubungan dengan profesi yang menuntut berbagai keahlian di
bidang pendidikan atau keguruan. Kompetensi profesional merupakan kemampuan
dasar guru dalam pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku manusia, bidang
studi yang dibinanya, sikap yang tepat tentang lingkungan PBM dan mempunyai
keterampilan dalam teknik mengajar.
BAB
III
PENUTUP
- Kesimpulan
Tenaga kependidikan itu
terdiri dari pendidik pengelola, suatu pendidikan dan pemilik atau pengawas,
tenaga yang professional bertugas merencanakan dan melaksanakan proses
pembelajaran, menilai hasil pembelajaran dan melakukan pembimbingan.
Kode
etik merupakan norma yang harus ditaati, adapun tujuan kode etik sebagai
berikut:
- untuk menjunjung tinggi martabat profesi
- untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota
- untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi
- untuk meningkatkan mutu profesi
- untuk meningkatkan mutu organisasi profesi
- Saran
Dengan adanya makalah
ini penulis berharap pada pembaca agar dapat dijadikan makalah ini sebagai
rujukan serta sumber dalam proses belajar mengajar dan semoga dapat menambah
pengetahuan pembaca dengan materi yang dibahas dalam makalah ini.
SEGA GENESIS - GAN-GAMING
BalasHapusSEGA sol.edu.kg GENESIS. goyangfc.com GENESIS-HANDS. septcasino Genesis (JP-EU). wooricasinos.info NA. NA. NA. SEGA GENESIS-HANDS. NA. SEGA jancasino.com GENESIS. NA. GENESIS-HANDS. NA.